PUSAT PERMATA TERSEMBUNYI – Tempat wisata Dieng Wonosobo menjadi salah satu destinasi yang paling banyak dicari di tahun ini. Bukan server kamboja tanpa alasan, karena tempat wisata di Dieng ini menawarkan nuansa dan suasana yang benar-benar berbeda dengan tempat wisata di Indonesia lainnya. Padahal, di tahun 2023 ini ada beberapa tempat wisata baru Dieng yang tidak boleh Anda lewatkan, yang tentunya akan memperkaya pengalaman liburan Anda di Wonosobo.

Dieng sendiri merupakan salah satu permata wisata di Wonosobo, Jawa Tengah. Nama Dieng terkenal karena memiliki sederet tempat wisata dengan keindahan alam dan unsur sejarah yang kental. Tidak perlu banyak pernak-pernik untuk membuat tempat wisata di Dieng menarik, karena Dieng memiliki keindahan alam.

Ada banyak sisi Dieng yang bisa Anda jelajahi dan pasti memuaskan. Ditambah dengan suhu udara yang rendah, dijamin rasa lelah Anda akan hilang dalam sekejap! Intip setiap aspek tempat wisata Dieng terbaru 2023 yang direkomendasikan TripZilla Indonesia berikut ini!

1. Telaga Warna yang akan mewarnai harimu

Hanya sebuah danau? Jangan remehkan karena Telaga Warna akan membuat liburan Anda semakin berwarna. Sumber warna RTP Live air danau ini berasal dari kandungan belerangnya dan bisa berubah saat terkena sinar matahari. Di Telaga Warna juga terdapat paviliun yang memudahkan Anda untuk mengabadikan diri. Dilihat dari dekat maupun dari jauh, Telaga Warna tidak mengubah keindahannya!

2. Kawah Sikidang yang semakin Instagrammable

Meski bau belerang menyengat, jangan sampai hal ini menyurutkan niat Anda untuk berkunjung. Anda akan menyesal jika melewatkan keindahan Kawah Sikidang. Asap yang mengepul membuat pemandangan semakin eksotis. Tak hanya kawah, kawasan ini juga dilengkapi berbagai wahana seperti berkuda, ATV hingga motocross yang bisa Anda coba.

3. Gunung Prau indah dan ramah pendaki

Belum pernah mendaki gunung tapi ingin melihat keindahan Dieng dari ketinggian? Tidak apa-apa, karena Gunung Prau memiliki banyak jalur yang bersahabat untuk didaki. Gunung Prau sangat populer dengan matahari terbitnya. Anda dapat mendaki pagi-pagi sekali atau berkemah jika tidak ingin melewatkan pemandangan yang luar biasa ini. Sepanjang jalur pendakian, Anda bisa menikmati udara segar dan pemandangan pedesaan. Tidak ada yang tidak indah di sini!

Baca juga: 5 Tempat Ngabuburit dengan Pemandangan Keren di Jogja

4. Keindahan Candi Arjuna memang tak lekang oleh waktu

Tiket masuk Candi Arjuna ini sama dengan tiket masuk Kawah Sikidang, jadi anda bisa masuk ke dua objek wisata sekaligus. Manfaatkan kesempatan ini untuk melihat keindahan Candi Arjuna dengan siluet perbukitan sebagai latar belakangnya. Di kompleks yang sama dengan Candi Arjuna, terdapat empat candi lain yang lebih muda. Selain menikmati bangunan bersejarah, di sini Anda juga bisa merasakan embun yang biasa terjadi di pertengahan tahun. Pakai baju hangatmu dan lihat penampakan candi yang seolah tertutup es, unik!

5. Candi Dwarawati untuk tempat wisata sejarah Dieng yang indah

Nama Dwarawati konon diambil dari ibu kota Kerajaan Dwarata di India dan tersemat di candi ini, karena bentuknya yang mirip dengan candi di India. Mengunjungi pura ini, Anda akan menyusuri sawah-sawah warga yang asri. Selain itu, dari Candi Dwarawati, Anda juga bisa melihat bukit-bukit hijau yang indah. Pilih waktu saat cuaca sedang cerah dan Anda akan mendapatkan bonus langit biru yang membuat tampilan Candi Dwarawati semakin menawan.